Jumat, 27 Mei 2011

Kegiatan menyelam untuk profesi apapun harus dimulai dari tahapan dasar yaitu Openwater Diver (Kelas A-1). Untuk kegiatan ini, peserta diharuskan bisa berenang.

Untuk dapat menyelam dengan baik, kita membutuhkan latihan. Latihan tersebut diadakan oleh organisasi selam yang akan mengeluarkan sertifikat selam. Sertifikat tersebut merupakan paspor untuk ke dunia bawah air.

Kegiatan ini akan melatih anda sehingga anda dapat menyelam dengan aman dan menyenangkan serta pada akhir kursus anda akan mendapatkan sertifikat selam yang berlaku internasional.


 


 


 


 

M A TERI PELA TI H A N D A N SERTI FI K A SI SELA M / SC UBA D I V I N G J EN J A N G O N E- STA R SCUBA DIVER (A1)

Pelatihan dan Sertifikasi Selam Jenjang One-Star SCUBA Diver/ A1

Kegiatan pelatihan peselam bersertifikat A1 terdiri dari 3 program :


 

1. Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP)

Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas. Disini para peserta pelatihan akan mendapatkan pemahaman prinsip-prinsip dasar pengetahuan yang berkaitan dengan penyelaman secara umum yang dibutuhkan sesuai dengan jenjang pemula. Program ini diberikan menjadi 5 bagian, dimana struktur pelajaran pada tiap bagian akan membahas materi spesifik terhadap selam. Materi yang diberikan disini secara simultan akan diterapkan dan saling berkaitan dengan program lainnya. Diakhir program ini, para peserta wajib mengikuti evaluasi tertulis.


 

PERTEM UA N

M A TERI

1

Dunia Bawah Air dan Pengenalan Peralatan Selam

2

Hukum-Hukum Gas dan Fisika Selam

3

Aspek MedisPada Penyelaman

4

Penyakit Dekompresi dan Pengenalan Tabel Selam

5

Lingkungan Penyelaman

6

Te st Te r t u l i s


 


 

2. La t ih a n Ke t e ra m p ila n Ko la m (LKK)

Kegiatan ini dilakukan di lingkungan perairan terbatas (kolam renang). Disini para peserta pelatihan akan diajarkan untuk adaptasi awal dengan alat-alat selam yang digunakan, serta dasar keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan penyelaman secara aman.


 

Latihan ini terdiri dari 6 kali pertemuan. Diakhir program ini, para peserta wajib mengikuti

evaluasi kolam.


 

PERTEM UA N  

M A TERI

1 

Pengenalan Skin diving, cara bernafas dengan snorkel teknik membilas masker dan snorkel (clearing) dan berenang menggunakan fins.

2 

Teknik masuk air ( giant Stride, sitting front entry, back roll), teknik

surface dive, teknik mengambang (floating) dan water trappen.  

3 

Pe rsia p a n p e ra kit a n a la t SC UBA , p e m a ka ia n a la t SC UBA d i permukaan, bernafas dengan regulator, masker clearing, regulator clearing, regulator recovery, membuka dan memakai alat (BCD dan weight belt) di dasar kolam dan fin pivotting.

4 

Mengulang materi sebelumnya, cara masuk giant stride, octopus sharing dan buddy breathing, hovering, pelepasan dan perawatan peralatan.

5 

Mengulang materi sebelumnya, Pre-Dive Safety Check (PDSC), cara masuk back roll, free flow, simulasi kram kaki, tired diver tow dan naik darurat terkontrol.

6 

Te st Ke m a m p u a n Ko la m


 

3. Latihan Perairan Terbuka (LPT) / Test Kemampuan Laut

Kegiatan ini dilakukan di perairan terbuka (laut). Disini para peserta pelatihan akan dibimbing untuk menerapkan keterampilan yang telah didapat pada program Latihan Keterampilan Kolam serta mempraktekkan penyelaman pada kondisi nyata. Program ini terdiri dari 3 kali penyelaman, 1 penyelaman bebas (skin diving) dan 2 penyelaman SCUBA. Program ini menentukan kelayakan peserta pelatihan dalam menerima sertifikat internasional selam POSSI-CMAS.

4. Biaya Pelatihan & Sertifikasi

  • Pelatihan A-1 : Rp. 3,500,000.-
  • Meliputi biaya kolam renang, Instructor, peralatan selam dan selam dasar, sertifikasi dan biaya openwater.
  • Exclude : Pre Course (Bagi yang belum bisa berenang 400rb / paket selama 5 kali pertemuan dan tiket kolam renang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar